Pola Makan yang Sehat

Pola Makan yang Sehat – Okeh kali ini saya akan berbagi cerita tentang pola makan. Ternyata pola makan 3 kali sehari dengan menu utama nasi sebagai menu utama ternyata kurang sehat. Karena asupan karbohidrat yang berlebihan. Trus juga makan tuh ada tata caranya juga ternyata sodara-sodara.

Dengan membawa gelas, cerek, dan seloki (piala) berisi minuman yang diambil dari air yang mengalir, mereka tidak pening karenanya dan tidak pula mabuk, dan buah-buahan dari apa yang merkea pilih, dan daging burung dari apa yang mereka inginkan

(QS: Al-Waqi’ah:18-21)

Dari ayat di atas kita bisa liat di Al-quran juga menjelaskan tata cara makan yang baik bagaimana. Pertama kita minum dulu segelas air yang tentu saja yang halal. Trus baru makan buah, kebiasaan orang indonesia makan buah-buahan di akhir ternyata salah. Trus baru deh makan makanan yang berat. Buah sebaiknya di makan lebih dahulu agar mikronutrisi dari buah masuk duluan.

Buah-buahan penting untuk menjadi asupan kita sehari-hari. Tapi jangan pikirkan buah-buahan yang mahal seperti apel, jeruk, pear, dll. Buah-buahan seerti pisang, dan pepaya ternyata lebih bagus untuk pencernaan kita, murah pula cocok untuk mahasiswa yang suka irit. Heheheheh:D

Balik lagi ke permasalahan awal, pola makan 3 kali sehari dengan nasi sebagai menu utama itu kurang sehat. Karena bisa meningkatkan gula darah jika dibiasakan dan akibatnya bisa terjangkit penyakit diabetes.

Nah, Pola Makan yang Sehat itu ternyata 5 kali sehari. Nah, lho kok lebih banyak?? Tenang-tenang coba liat polanya berikut:

Pola Makan yang Sehat

  1. Makan pagi cukup roti disandingkan dengan susu yang kita makan. Atau menu lain yang tidak terlalu membuat perut ini kenyang. Karena kalo pagi-pagi kita udah kenyang itu bisa menimbulkan efek gampang mengantuk.
  2. 3 jam setelah makan pagi, kita bisa nyemil, tapi nyemilnya yang sehat kayak roti isi kacang ato biskuit. Sedikit aja ga usah banyak-banyak. Ga usah takut gemuk, setiap 3 jam perut pasti merasa lapar.
  3. Nah, baru deh makan siang, silahkan makan dengan menu lengkap. Tapi ingat jangan berlebihan juga, berhentilah sebelum kenyang.
  4. Trus waktu sore sekitaran bada ashar, mari kita nyemil sehat lagi. Saya sarankan sih mending nyemil buah-buahan.
  5. Dilanjutkan makan malam, makan malam juga makanlah dengan menu lengkap tapi tidak berlebihan. Trus usahakan makan malam 3 jam sebelum makan agar makanan bisa dicerna dengan baik oleh tubuh dan tidak menganggu tidur.

Untuk nyemil, pilihlah cemilan anda secara bijak. Hindari cemilan yang kurang sehat seperti snack-snack. Bagi yang masih kebiasaan, yuk dikurangi. Dicoba secara bertahap. Bawalah air putih saat anda ngemil. Dengan diimbangi minum air biasanya udah kenyang duluan.

Semoga bermanfaat.

Simpan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *