TDK at Ci Junggle part 2

Oke sekarang kita lanjutkan cerita TDK at Ci Junggle dari part 1 . Setelah menerima mater dari Adeda, tibalah untuk solat ashar. Setelah solat ashar, sambil menunggu pemateri kedua dateng kita mengadakan sesi foto-foto. Hehehehehe…. 🙂

Setelah cukup lama berfoto-foto ria akhirnya pemateri kedua yaitu Ust. Asep datang. Dan membawakan materi tentang Character Building.

Allah, Dialah yang menciptakan kamu dari keadaan lemah, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah keadalaan lemah itu mejadi kaut, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah kuat itu lemah (kembali) dan beruban. Dia menciptakan apa yang dikehendaki-Nya dan Dia-lah Yng Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa (Q.S. Ar-Rum:54

Dari ayat diatas menjelaskan bahwa pemuda adalah tahapan kuat diantara 2 tahapan lemah, lemah karena masih anak-anak dan lemah karena tua renta. Ust. Asep mengingatkan kita pada 5 perkara yaitu apa teman-teman?

  • sehat sebelum sakit
  • kaya sebelum miskin
  • lapang sebelum sempit
  • muda sebelum tua
  • hidup sebelum mati

Sok atuh berhubung masih muda kita teh manfaatkan waktu-waktu kita. Lalu Ust. Asep bilang memang Allah mencintai orang-orang yang selalu mendirikan Shalat tahajud. Tetapi Allah lebih mencintai pemuda yang mendirikan shalat Tahajud. Kenapa? Karena kalo kita suatu hari nanti sudah tua, da itu mah memang sudah ter-set jam-jam tidurnya. Apalagi bagi kaum hawa yang mempunyai anak. Sok da kalo mahasiswa yang masih muda-muda disibukkan dengan kuliah, tugas, berorganisasi dan lain-lain tapi masih menyempatkan diri untuk berkontribusi di jalan Islam pasti sangat luar biasa. Di tengah keterbatasan waktu masih mau berusaha untuk shalat berjamaah di masjid (bagi ikhwan), tilawah setiap hari, mendirikan shalat tahajud dll. Subhanallah banget orang-orang yang begini. (Ya Allah semoga aku termasuk ke golongan pemuda-pemuda itu… Amin :D)

Ada 5 hal yang harus dimiliki oleh pemuda yaitu:

  • Iman yang kuat
  • Hati yang Ikhlas
  • Hamasah (semangat)
  • Amalan yang baik

Kalo 4 hal ini bisa dikolaborasi dapat membentuk yang namanya Najahul Fikrah. Ari Najahul Fikrah teh naon? Naon nya?? Duh poho euy. Ada yang bisa kasih tau? Yang tau tulis dikomentar ya…. Yang bisa kasih tau dikasih ucapan terima kasih sama saya :D.

Kami ceritakan kisah mereka kepadamu (Muhammad) dengan sebenarnya. Sesungguhnya mereka itu adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka dan kami tambahkan kepada mereka petunjuk (Q.S. Al Kahf:13)

Tuh kan kita teh beruntung dapat petunjuk dari Allah. Kok masih aja ya pura-pura buta?? Astagfirullah….

Oke mari kita kembali ke jalan yang benar….

So, gimana nih caranya membentuk karakter Asy-Syahab alias muslim impian??

Caranya adalah melakukan kewajiban-kewajiban sebagai berikut:

  • Rasa Tanggung jawab yang tinggi
  • Izzah dengan islam
  • Baik dan Memahami Islam
  • Memilih Manhaj wasath
  • Memahami islam dengan benar
  • Khidmatul Mujtama’ (Melayani masyarakat)
  • Dakwah
  • Membekali diri dengan ilmu dan tsaqafah
  • membekali diri dengan isiqah dan amal (optimisme)
  • Ta’awan dengan sodara-sodaranya
  • waspadai diri dari fitnah (misalnya harta dan lawan jenis)
  • waspadai diri dari tsaqafah beracun
  • Unah (pakai perhitungan) dan tidak terburu-buru

Nah, itu kan kewajibannya sekarang ada sifat-sifat yang kudu dipunyai sama seorang Asy-Syahab:

  • Salimul Aqidah
  • Shahihul ibadah
  • Maatinul Khuluq (akhlak yang baik)
  • Qowiyul Jism (sehat jasmani)
  • Mustaqaful Fikri (wawasan luas)
  • Haritsun’ala Waqthi (menata waktu)
  • Mujahidun ‘ala ……(lupa lagi pokonya artinya berjuang untuk diri sendiri)
  • Qadirun ‘ala Kasbi (mandiri)
  • Munazhamun Li Syu’nihi (mampu menata dirinya)
  • Nafi’un Lighairihi (bermanfaat bagi orang lain)

Mohon maaf ya istilah arabnya mungkin rada ngaco, kosakata arab saya masih sedikit jadi kalo ada kesalahan langsung dikoreksi aja ya…. trus banyak istilah yang ga saya jelasin itu karena saya lupa apa artinya. Mohon dibantu ya….. 🙂

BERSAMBUNG………………….

Nantikan TDK at Ci Junggle part3….

huehehehehehe…….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *