Adab Ketika Menjenguk Orang Sakit

Adab-adab Ketika Menjenguk Orang Sakit – Tadi sore (magrib lebih tepatnya)… Anak-anak metamorf berencana menjenguk Gigiw. Tapi ternyata yang datang cuma 3 dari 10 anggota metamorf. Ada yang kecapekan jadi panitia ospek, ada yang masih kerja, malahan ada yang nggak kasih  kabar.

Ngomong-ngomong soal menjenguk orang yang sedang sakit, saya teringat salah satu buku yang berjudul “Amalan-amalan Ringan Pembuka Pintu Surga” karya Fakhruddin Nursyam, LC. Nah, menjenguk orang yang sedang sakit adalah salah satu amalan ringan pembuka pintu surga Lho.

Rasulullah Saw. bersabda,

“Barang siapa menjenguk orang sakit atau mengunjungi saudaranya karena Allah, maka malaikat berseru ‘Engkau adalah orang yang baik, langkahmu adalah langkah yang baik, dan engkau telah mendapatkan suatu posisi di surga”

(H.r. Tirmidzi dari Hurairah r.a)

Adab Ketika Menjenguk Orang Sakit

Nah, agar kita mendapatkan pahala yang seutuhnya waktu kita jenguk orang sakit ada baiknya kita menerapkan adab-adab ketika menjenguk orang sakit.

  1. senantiasa mengharapkan kebaikan dan berbicara yang baik-baik, karena malaikat akan senantiasa mengaminkan perkataan yang keluar dari lisan orang-orang yang menjenguk orang sakit
  2. memberikan motivasi kepada orang yang sakit agar tetap bersabar dan ridha dengan qadha dan qadar Allah serta tetap mengharapkan kesembuhan kepada Allah Ta’ala.
  3. mendoakan kesembuhan bagi orang yang sakit
  4. mengajarkan kepada orang yang sakit tata cara berdoa dan meruqyah diri sendiri
  5. menasihati dan mendakwai saudaranya yang sakit menuju kebaikan
  6. tidak boleh memaksa-maksa orang yang sakit untuk banyak makan dan minum jika ia masih belum berselera untuk makan atau minum

2 thoughts on “Adab Ketika Menjenguk Orang Sakit”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *