Menyapa Senja

Hai senja, hari ini aku menyapamu dari lantai 21 di sebuah gedung Balikpapan. Bersama teman-teman yang baru saja kukenal, dari sebuah acara yang menginsipirasi. Kau tetap indah seperti biasanya. Sampaikan salam rinduku pada seseorang disana. Seseorang yang selalu ada di dalam setiap doa. Kuharap, dia juga menyapamu dengan senyuman disana. 😊😊😊😄😄

Kak Ucup… Terima kasih untuk hari ini… Jangan kapok sama tamu yang kayak kita-kita yak… 😄😆😅

Notulensi Refleksi Kelas Inspirasi Balikpapan 5

created by: Mba Ambar

Jika manusia perlu menanam pohon agar tetap memiliki hutan 10-20 tahun lagi,

maka kita juga perlu menanam bibit kebaikan agar memiliki generasi penuh semangat baik 10-20 tahun lagi.

Itulah yang kita lakukan hari ini, kembali ke sekolah, ikut memberi pupuk baik untuk tunas muda bangsa sendiri.

10 sekolah

1 sekolah luar biasa

24 fasilitator

45 dokumentator

100 inspirator

9 sahabat guru

2000 tunas muda Indonesia,

dalam 1 hari yang sama tidakkah energinya membuatmu bergetar?

Anggaplah hari ini kita sedang memberi kado untuk ibu pertiwi di ulang tahunnya ke tujuh puluh dua.

Berbagi pengalaman profesi dan berkampanye toleransi.

Semua temanku.

Semua temanku bukan hanya slogan belaka.

Semua temanku adalah sebuah doa sungguh-sungguh dalam dua kata sederhana.

Semua temanku adalah upaya nyata kita menjaga persatuan Indonesia dengan menanamkan toleransi sejak dini yang hasilnya akan kita semai nanti.

Apa yang disampaikan dari hati pasti akan sampai ke hati

Mari bergeser ke permasalahan di sekolah.

Kelas panas,

perpustakaan sedikit buku,

murid-murid yang suka berkelahi,

ruang kelas sempit,

problem upgrade guru,

permasalahan tumbuh kembang anak,

komunikasi guru dengan orangtua,

murid-murid berkebutuhan khusus,

pola mengajar oldschool,

lingkungan sekolah kurang ramah anak,

perbandingan guru & murid tidak seimbang,

dan fenomena bullying. Ternyata..

Berkorban cuti 1 hari itu baik, tapi belum cukup.

Mengenalkan profesi sejak dini itu baik, tapi belum cukup.

Berbagi inspirasi 1 hari itu baik, tapi belum cukup.

Tanyakan pada diri sendiri, teman..

Apa lagi yang bisa kita lakukan setelah ini?

Apa lagi yang bisa kita berikan untuk sekolah?

Sekolah mana lagi yang bisa kita datangi setelah ini?

Hanya masing-masing kita lah yang bisa menjawabnya

Pada akhirnya, harapan terbesar kami, semoga gerak baik ini tidak berhenti sampai di sini.

Temanku, pendidikan di Indonesia masih butuh kita teruslah menancapkan asa bahwa semua bisa.

Diambil dari foto-foto dokum KIBPN5

	

Kelas Inspirasi Balikpapan #3

Sebenernya banyak banget yang pengen diceritain, tapi berhubung event Kelas Inspirasi Balikpapan baru banget berlangsung hari ini, dan di otak sudah banyak banget yang pengen dikeluarin. Kalo ga buru-buru dikeluarin, bisi udah ga minat lagi nulis. Tulisan kali ini agak panjang, dan lumayan banyak fotonya. So, maaf-maaf aja kalo pas buka halaman ini jadi agak lemot. Lanjutkan membaca “Kelas Inspirasi Balikpapan #3”

Dicintai atau Mencintai?

Setiap pagi di kantor saya mengadakan Pertemuan Pagi. Yang dimana disitu kita ikrarkan Pancasila perusahaan, nyanyi Mars Perusahaan dan Share Cerita pagi yang dipilih secara undian dengan pertanyaan yang sudah disiapkan juga undiannya. Hari ini pertanyaannya Dicintai atau Mencintai? Tema yang selalu menarik untuk dibahas, bahkan tiada habisnya untuk dibahas.

Jika saya harus memilih, maka saya akan memilih 2-2nya. Kenapa saya harus memilih satu, saat saya bisa memilih 2-2nya 😀 . Tapi jika harus memilih yang mana terlebih dahulu, maka saya akan memilih Mencintai. Saya ibaratkan mencintai itu sebuah kewajiban, dan dicintai adalah sebuah hak. Dahulukan dulu kewajiban, baru kita akan mendapatkan hak. Bagaimana jika kita tidak mendapatkan hak? Sudahlah biarkan, bukankah hidup ini memang akan selalu bicara kesabaran dan keikhlasan?

tumblr_nfkfmhPnbK1s91y3fo1_1280

Selamat pagi…. Rasa-rasanya sudah lama ga curcol disini. Satu bulan ke belakang sibuk sama project #30HariMenulisPuisi. Sebenarnya project ini seharusnya di posting ke instagram dan waktu saya ikutan itu sudah hari ke-12. Tapi biarkanlah, toh saya memang lagi pengen nulis walau sempet kecele selama 3 hari. Rasa-rasanya saya ingin menulis kembali, walau sekedar tulisan yang ga penting.
Well, di dunia medsos lagi rame-ramenya membicarakan BBM naik. Ada yang mengeluhkan ada yang berusaha memaklumi. Saya masuk yang mana? Saya termasuk yang biasa-biasa aja karena pake Pertamax XD . Terlepas kebijakan ini benar atau salah, percayalah Allah sudah mengatur Rezeki kita. So, jangan khawatir.
Di Balikpapan sekarang lagi krisis air bersih, 4 hari nyala 4 hari mati. Bahkan sudah ada yang 1 bulan lebih air di rumahnya ga nyala. Alih-alih gali sumur, malah ada semburan lumpur di daerah Batakan. Entah berbahaya atau tidak, sepengetahuan saya masih dicari tau oleh tim penyidik. Pagi ini, juga ada kebakaran di MTS daerah Rapak.
Semoga siapapun yang sedang di uji bisa sabar dan ikhlas melaluinya. Dan semoga semua kegiatan yang kita jalani penuh kebarokahan dan membuat kita lebih dekat dengan-Nya. Aamiin.

Mari Belajar Lagi

Sudah seharusnya manusia akan selalu belajar sampai akhir hayatnya. Sekarang-sekarang saya lagi banyak belajar, lagi-lagi tentang akuntansi. Itu salah satunya sih. Fiuhhh angka-angka itu seperti menari-nari walau saya lagi ga liat komputer. Banyak istilah-istilah baru yang ternyata kalau saya ingat-ingat pernah sekali atau dua kali dosen saya menyebutkan istilah itu. Praktek tak semudah teori. Banyak orang yang ngomong gitu. Dan memang benar adanya. Susah? Iya. Tapi tidak ada yang tidak mungkin.

Selain belajar tentang akuntansi, saya sebagai makhluk sosial juga harus belajar berinteraksi yang baik dengan orang lain. Baik kepada atasan, teman satu tim, bahkan dengan satpam maupun OB. Bagaimana cara mendengarkan orang bicara. Belajar untuk tidak mendominasi diri. Belajar menurunkan ego dan memaklumi orang lain.

Mari Belajar…. 🙂

Obsessive Corbuzier’s Diet (OCD)

Masih ingat berat Badan saya yang naik 10 kg? Pasti pada nanya, gimana berat badannya sekarang? Alhamdulillah terakhir ditimbang sebelum puasa masih sama 😯 . Iya sama karena tidak mematuhi peraturan :mrgreen: . Emang pada dasarnya saya suka makan kali ya? Jadi mau dipaksa buat nahan tetep aja nggak bisa. Sebelum cerita tentang OCD saya mau curcol dulu.

Dari dulu saya emang kepengen banget ikutan perguruan Bela diri. Mau itu yang pure latihan fisik atau Tenaga dalam. Sempat ingin ikutan Hikmatul Iman, tapi ternyata di Balikpapan nggak ada. Akhirnya terinspirasi dari film IP Man, cari-carilah saya tentang Wing Chun di Balikpapan. Ternyata ada sodara-sodara. Dan akhirnya ikutanlah saya. Walo baru latian 2 kali (itu juga nggak bener sayanya :mrgreen: maafkan saya pelatih).

Nah, dari sana gabung deh di grup Watsap, dan tadi malem dapet kiriman watsap gini “Besok di hitam putih dedy mau bahas OCD”. Apa itu OCD? ternyata itu adalah cara dietnya Mas Deddy Corbuzier. Besoknya alias hari ini, ada salah seorang teteh yang twit soal OCD, penasaranlah saya dan akhirnya mampir ke web >>klik disini<< yang disana saya dapet e-book soal OCD yang ternyata sama dengan PUASA walaupun sedikit berbeda. Penasaran?? langsung aja dowload e-booknya di web >>klik disini<<

Haduh maaf ya kalo postingan kali ini banyak curcol dan nggak fokus sama judul (bukannya emang suka gitu ya yul? :mrgreen: )

Keliling Kota

Pernah nggak sih ngerasa pengen sendirian aja jalan-jalan? Entah kenapa saya agak sering melakukan hal ini. Waktu masih di Bandung, saya pernah iseng naik bis damri dari terminal 1 ke.terminal lainnya. Dari bus yang ber-AC sampe yang ber-AG (Angin Gelebuk 😀 ).
Hal ini sangat menyenangkan dikala kepala mumet sama tugas.
Beralih ke Balikpapan, disini saya nggak bisa nemuin bus kota (karena emang nggak ada). Yang ada angkutan umum biasa. Hebatnya, disini kita bisa menikmati fasilitas angkot yang beragam. Mulai dari sound sistem yang cihuy buat dengerin lagu (walaupun seringnya nyetel lagu dangdutan) sampe home theater beserta LCD TV. Entah dimana lagi saya bisa nemu angkutan umum kayak begini.
Belum sempat terus keliling kota ini. Tapi ada 1 tempat favorit buat baca buku sambil menikmati kota Balikpapan.

image
di daerah sini ada tebangan pohon yang bisa dipake duduk
image
Birunya langit jadi favorit deh pokoknya..

Rumah hantu

Pas lagi jalan-jalan ke e-walk (salah satu mal d Balikpapan), kakak menunjuk salah satu rumah yang berdiri tegak di sebrang. Nampak kokoh sekaligus menyeramkan. Gosipnya sih rumah itu angker. Entah itu beneran ato boong. Tapi saya jadi penasaran sama tuh rumah.

image
Rumah yang kokoh sekaligus menyeramkan