Gen Langit Biru untuk Masa Depan Bersama Pertamina

Sebelum berbicara tentang  Gen Langit Biru untuk Masa Depan Bersama Pertamina, saya jadi teringat momen Kelas Inspirasi Balikpapan 5 pada tanggal 21 Agustus 2017 tempo hari. Pada hari itu, kami semua para relawan memakai seragam profesi kita masing-masing. Salah satu relawan menggunakan seragam merah biru, seragam khas karyawan dari Pertamina. Ucup, panggilan kesayangan kami kepadanya. Pagi itu sibuk menyiapkan upacara bersama anak-anak SDN 001 Balikpapan Barat. Sudah beberapa hari sebelumnya Ucup membantu adik-adik dari SD tersebut menyiapkan upacara khususnya dalam persiapan pengibaran bendera merah putih.

Hari itu, Ucup bertugas menjadi Pemimpin Upacara menggantikan Pak Agus yang kebetulan sakit di hari H. Anak-anak begitu antusias mengikuti upacara. Karena ada yang berbeda dari upacara sebelumnya. Petugas upacara selain pengibar bendera, paduan suara dan pemimpin pasukan digantikan oleh kami, para Relawan.

Masuk ke acara Kelas Inspirasi Balikpapan 5, salah satu yang kami bawa disana adalah langit cita-cita. Ketika Bunda Dwita memulai acara, Bunda Dwita meminta adik-adik untuk meneriakkan cita-citanya. Dan menariknya adalah sebagian besar adik-adik menjawab dengan antusias yang sangat besar, ” PERTAMINA “. Sesederhana itu membuat adik-adik mempunyai cita-cita dengan antusias yang tinggi.

Gen Langit Biru untuk Masa Depan Bersama Pertamina

kenapa harus ada gen langit biru dari pertamina?

Pernah dengar atau saya bisa pastikan anda sering mendengar istilah Global Warming. Global Warming dalam bahasa Indonesia disebut dengan Pemanasan Global. Dari Wikipedia Indonesia mengatakan bahwa pemanasan global adalah suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut dan dataran Bumi. Adapun beberapa penyebab dari Global Warming, antara lain sebagai berikut:

  1. Meningkatnya gas karbon monoksida dari kendaraan bermotor
  2. Efek Rumah Kaca
  3. Gas buang dari Industri serta polusi udara dari pabrik
  4. Penggunaan CFC yang tidak terkontrol
  5. Perusakan Hutan membuat Luas hutan yang semakin menurun
  6. Polusi kendaraan dari bahan bakar bensin
  7. Borosnya pemakaian Listrik
  8. Polusi metana oleh pertanian, perkebunan dan peternakan
  9. Perncurian hutan merajalela
  10. Pembakaran sampah secara berlebihan
  11. Kekurangan pepohonan
Gen Langit Biru untuk Masa Depan Bersama Pertamina
Gen Langit Biru untuk Masa Depan Bersama Pertamina : Suasana beberapa tahun yang lalu akibat kebakaran hutan

Jika ada sebab, pasti ada akibat. Apa dampak dari Pemanasan Global? Pemanasan global akan memberi dampak yang buruk bagi kehidupan makhluk hidup di seluruh dunia. Berikut dampak dari pemanasan global:

a. Perubahan Cuaca dan Iklim mulai tidak stabil

Perubahan cuaca dan iklim ini membuat kita tidak bisa memprediksikan pergantiannya. Perubahan cuaca dan iklim sangat dirasakan oleh seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. Pada dasarnya, musim hujan dan musim kemarau terjadi masing-masing selama enam bulan. Namun dengan adanya pemanasan global membuat musim-musim menjadi tidak teratur dan sulit sekali diprediksi. Pemanasan global menyebabkan  naiknya air hingga ke permukaan laut akibatnya akan menimbulkan pencairan di kutub. Akibat pemanasan global, daerah- daerah yang di dekat kutub yang pada awalnya mengalami hujan salju ringan menjadi tidak lagi mengalami hujan salju ringan. Dengan meningkatnya suhu dan penguapan air yang lebih besar, membuat banyak daerah mengalami kekeringan yang lebih panjang.

b. Pengaruh pada tumbuhan dan pertanian

Berbeda dengan manusia dan hewan yang bisa beradaptasi. Tanaman, tumbuhan dan pertanian sangat bergantung dengan cuaca dan iklim. Tumbuhan menjadi mudah layu dan tingkat kesuburan tumbuhan semakin berkurang. Kualitas pertanianpun menurun karena kekeringan. Pemanasan Glogal membuat sebagian besar para petani gagal panen besar-besaran. Dan tentu saja ini sangat berdampak kepada perekonomian masyarakat.

c. Menimbulkan banyak penyakit pada manusia

Karena adanya pencemaran udara serta gas karbon dioksida yang meghambat untuk menghasilkan oksigen. Sangat berdampak pada pernafasan pada manusia. Ada juga yang ditimbulkan oleh berbagai jenis binatang, misalnya nyamuk atau serangga lainnya. Karena binatang ini akan berkembang biak cepat karena meningkatnya suhu di permukaan Bumi.

Pemanasan global akan memberi dampak yang buruk bagi kehidupan makhluk hidup di seluruh dunia, terutama kelangsungan hidup generasi manusia. Pertamina, ikut serta dalam penanganan pemanasan global melalui salah satu proyek yang sering disebut #genlangitbiru.

Apa itu Gen Langit Biru?

Gen Langit Biru untuk Masa Depan Bersama Pertamina
Gen Langit Biru untuk Masa Depan Bersama Pertamina

Sebelum panjang lebar, mari kita lihat dari sisi Bahasa Indonesia. Kata gen alias kata Generasi, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia mengandung arti:

  1. Sekalian orang yang kira-kira sama waktu hidupnya; angkatan; turunan
  2. Masa orang-orang satu angkatan hidup.

Sedangkan Langit Biru, menandakan cuaca cerah tak berawan yang melambangkan sebuah optimis, serta penuh dengan harapan-harapan baru tanpa keputus asaan. Generasi Langit Biru adalah Generasi Milenial yang lebih mementingkan kualitas hidup untuk masa depan yang lebih baik.

Pertamina, merintis sebuah proyek pembangunan kilang minyak terbesar se-Asia Tenggara yang bernama Proyek Langit Biru Cilacap (PLBC) yang bertempat di Pertamina Refenery Unit (RU) IV Cilacap Jawa Tengah. Proyek ini dijalankan sejak tahun 2015 dan diperkirakan akan beroperasi di akhir tahun 2018. Proyek ini memperkerjakan kurang lebih 2.000 tenaga kerja, termasuk masyarakat lokal warga Cilacap.

Tema Langit Biru diambil berdasarkan proyek Kilang Langit Biru yang merupakan salah satu proyek strategis Pertamina dalam meningkatkan kualitas BBM dari Premium (RON 88) menjadi Pertamax (RON 92). RON adalah kepanjangan dari Research Octane Number yang sering dikenal dengan Oktan.  Semakin tinggi angka RON semakin lebih ramah lingkungan, karena kerja mesin kendaraan semakin efisien dan asap yang keluar mengandung gas buang yang lebih sedikit. Mari kita simak gambar berikut untuk mengerti perbedaan antar Premium (RON 88), Petralite (RON 90) dan Pertamax (RON 92).

Gen Langit Biru untuk Masa Depan bersama Pertamina
Gen Langit Biru untuk Masa Depan bersama Pertamina: Perbedaan antara Premium, Petralite, dan Pertamax (Sumber gambar: Klik Disini )

Langit biru juga mempunyai makna peningkatan kualitas BBM yang lebih ramah lingkungan sehinggal udara lebih terjaga, lebih sehat dan langit akan tetap berwarna biru.

Bukan hanya meningkatkan kualitas BBM dari Premium (RON 88) menjadi Pertamax (RON 92). Komitmen Pertamina yang sangat peduli dengan lingkungan hidup, dibuktikan lagi dengan penanaman kembali pohon sejumlah pohon yang sudah ditebang karena Proyek Langit Biru Cilacap (PLBC). 

Mau ikut serta di Generasi Langit Biru?

Mari kita mulai dengan 3M rumus yang sering disampaikan oleh Aa Gym:

  1. Mulai dari diri sendiri
  2. Mulai dari hal kecil
  3. Mulai dari sekarang

Yuk, kita bergabung dengan Gen Langit Biru demi Masa Depan bersama Pertamina.

#Pertamina
#GenLangitBiru
#Blogger
#Vlogger
#LombaBlogdanVlog
#BlogdanVlogCompetition2017

 

 

 

Simpan

24 thoughts on “Gen Langit Biru untuk Masa Depan Bersama Pertamina”

  1. Mendadak pas baca tulisanmu ini aku keinget cerita Novel Hujan nya Tere Liye. Soal kerusakan iklim dan dampaknya. Haha
    Btw Mba, dari atas sampe bawah aku terkagum-kagum baca tulisanmu. Kumplit dan menarik banget ! Mari menjadi Gen Langit Biru supaya anak cucu kelak masih bisa melihat langit Biru.
    Goodluck ya Mba untuk lombanya..

    1. Awalnya aku juga mau bawa cerita novel itu di dalam postingan ini…
      Tapi berhubung terlalu panjang, maka terpilihlah tulisan ini…
      Thank You Riris…
      Semoga kita rajin nulis ya…

    1. aisshh… mba bikin geer nah…
      maka tulisannya lebih cetarrrr…
      apalah aku tanpamu mba…
      alah….
      Makasih ya mba sudah selalu mampirrr…

  2. Gen langit biru, denger namanya aja udah kebayang indahnya hamparan langit biru. Kebayang jika langit biru tidak ada, mungkin hidup akan jadi hampa. Terimakasih tulisannya ceu. Sangat membakar semangat untuk berkontribusi ^_^

  3. Baca gen langit biru jadi kebayang indahnya hamparan luas langit biru. Tanpa langit biru mungkin dunia akan terasa hampa. Terimakasih tulisannya ceu. Sangat membakar semangat kontribusi menjaga langit biru.

  4. menjadi bagian dari gen langit biru harus dimulai saat ini juga dan dimulai dari hal kecil.

    Sukses terus tetehku. senangnya baca2 tulisan yang menyegarkan…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *